Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh

Di: Kesehatan

Shalat ternyata tidak hanya menjadi amalan utama di akhirat nanti, tetapi gerakan- gerakan shalat paling proporsional bagi anatomi tubuh manusia. Bahkan dari sudut medis, shalat adalah gudang obat dari berbagai jenis pnyakit.

Ibadah shalat merupakan ibadah yang paling tepat untuk metabolisme dan tekstur tubuh manusia. Gerakan-gerakan di dalam shalat pun mempunyai manfaat masing-masing. Misalnya:

Takbiratul Ihram
Berdiri tegak, mengangkat kedua tangan sejajar tlinga, lalu melipatnya di depan perut atau dada bagian bawah. Gerakan ini bermanfaat untuk melancarkan aliran darah, getah bening (limfe), dan kekuatan otot lengan. Posisi jantung di bawah otak memungkinkan darah mengalir lancer ke seluruh tubuh. Saat mengangkat kedua tangan, otot bahu meregang sehingga aliran darah kaya oksigen menjadi lancer. Kemudian kedua tangan didekapkan di depan perut atau dada bagian bawah. Sikap ini menghindarkan dari berbagai gangguan persendian, khususnya pada tubuh bagian atas.

Ruku’
Ruku’ yang sempurna ditandai tulang belakang yang lurus sehingga bila diletakkan segelas air di atas punggung tersebut tak akan tumpah. Posisi kepala lurus dengan tulang belakang. Gerakan ini bermanfaat untuk menjaga kesempurnaan posisi serta fungsi tulang belakang (corpus vertebrae) sebagai penyangga tubuh dan pusat saraf. Posisi jantung sejajar dengan otak, maka aliran darah maksimal pada tubuh bagian tengah. Tangan yang bertumpu di lutut berfungsi untuk merelaksasikan otot- otot bahu hingga ke bawah. Selain itu, rukuk adalah sarana latihan bagi kemih sehingga gangguan prostate dapat dicegah.

I’tidal
Bangun dari ruku’, tubuh kembali tegak setelah mengangkat kedua tangan setinggi telinga. I’tidal merupakan variasi dari postur setelah ruku’ dan sebelum sujud. Gerakan ini bermanfaat sebagai latihan yang baik bagi organ-organ pencernaan. Pada saat I’tidal dilakukan, organ- organ pencernaan di dalam perut mengalami pemijatan dan pelonggaran secara bergantian. Tentu memberi efek melancarkan pencernaan.

Sujud
Menungging dengan meletakkan kedua tangan, lutut, ujung kaki, dan dahi pada lantai. Posisi sujud berguna untuk memompa getah bening ke bagian leher dan ketiak. Posis jantung di atas otak menyebabkan daerah kaya oksigen bisa mengalir maksimal ke otak. Aliran ini berpengaruh pada daya pikir seseorang. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan sujud dengan tuma’ninah, tidak tergesa-gesa agar darah mencukupi kapasitasnya di otak. Posisi seperti ini menghindarkan seseorang dari gangguan wasir. Khusus bagi wanita, baik ruku’ maupun sujud memiliki manfaat luar biasa bagi kesuburan dan kesehatan organ kewanitaan.

Duduk di antara sujud
Duduk setelah sujud terdiri dari dua macam yaitu iftirosy (tahiyat awal) dan tawarru’ (tahiyat akhir). Perbedaan terletak pada posisi telapak kaki. pada saat iftirosy, tubuh bertumpu pada pangkal paha yang terhubung dengan saraf nervus Ischiadius. Posisi ini mampu menghindarkan nyeri pada pangkal paha yang sering menyebabkan penderitanya tak mampu berjalan. Duduk tawarru’ sangat baik bagi pria sebab tumit menekan aliran kandung kemih (uretra), kelenjar kelamin pria (prostate) dan saluran vas deferens. Jika dilakukan dengan benar, posisi seperti ini mampu mencegah impotensi. Variasi posisi telapak kaki pada iftirosy dan tawarru’ menyebabkan seluruh otot tungkai turut meregang dan kemudian relaks kembali. Gerak dan tekanan harmonis inilah yang menjaga kelenturan dan kekuatan organ-organ gerak kita.

Salam
Gerakan memutar kepala ke kanan dan ke kiri secara maksimal. Salam bermanfaat untuk bermanfaat untuk merelaksasikan otot sekitar leher dan kepala menyempurnakan aliran darah di kepala sehingga mencegah sakit kepala serta menjaga kekencangan kulit wajah.

Gerakan sujud tergolong unik. Sujud memiliki falsafah bahwa manusia meneundukkan diri serendah-rendahnya, bahkan lebih rendah dari pantatnya sendiri. Dari sudut pandang ilmu psikoneuroimunologi (ilmu mengenai kekebalan tubuh dari sudut pandang psikologis) yang di dalami Prof. Soleh, gerakan ini mengantarkan manusia pada derajat setinggi-tingginya. Mengapa?

Dengan melakukan gerakan sujud secara rutin, pembuluh darah di otak terlatih untuk menerima banyak pasokan oksigen. Pada saat sujud, posisi jantung berada di atas kepala yang memungkinkan darah mengalir maksimal ke otak. Artinya, otak mendapatkan pasokan darah kaya oksigen yang memacu kerja sel-selnya. Dengan kata lain, sujud yang tuma’ninah dan kontinu dapat memicu peningkatan kecerdasan seseorang.

Setiap inci otak manusia memerlukan darah yang cukup untuk berfungsi secara normal. Darah tidk akan memasuki urat saraf di dalam otak melainkan ketika seseorang sujud dalam shalat. Urat saraf tersebut memerlukan darah untuk beberapa saat tertentu saja. Ini berarti, darah akan memasuki bagian urat tersebut mengikuti waktu shalat, sebagaimana yang telah diwajibkan dalam Islam.

Riset di atas telah mendapat pengakuan dari Harvard University, Amerika Serikat. Bahkan seorang dokter berkebangsaan Amerika yang tak dikenalnya menyatakan diri masuk Islam setelah diamdiam melakukan riset pengembangan khusus mengenai gerakan sujud. Di samping itu, gerakan-gerakan dalam shalat sekilas mirip gerakan yoga ataupun peregangan (stretching). Intinya, berguna untuk melenturkan tubuh dan melancarkan peredaran darah. Keunggulan shalat dibandingkan gerakan lainnya adalah di dalam shalat kita lebih banyak menggerakkan anggota tubuh, termasuk jari- jari kaki dan tangan.

Sujud adalah latihan kekuatan otot tertentu, termasuk otot dada. Saat sujud, beban tubuh bagian atas ditumpukan pada lengan hingga telapak tangan. Saat inilah kontraksi terjadi pada otot dada, bagian tubuh yang menjadi kebanggan wanita. Payudara tak hanya menjadi lebih indah bentuknya tetapi juga memperbaiki fungsi kelenjar air susu di dalamnya.

Masih dalam posisi sujud, manfaat lain yang bisa dinikmati kaum hawa adalah otot-otot perut (rectus abdominis dan obliqus abdominis externus) berkontraksi penuh saat pinggul serta pinggang terangkat melampaui kepala dan dada. Kondisi ini melatih organ di sekitar perut untuk mengejan lebih dalam dan lebih lama yang membantu dalam proses persalinan. Karena di dalam persalinan dibutuhkan pernapasan yang baik dan kemampuan mengejan yang mencukupi. Bila otot perut telah berkembang menjadi lebih besar dan kuat, maka secara alami, otot ini justru menjadi elastis. Kebiasaan sujud menyebabkan tubuh dapat mengembalikan dan mempertahankan organ- organ perut pada tempatnya kembali (fiksasi).

Setelah melakukan sujud, kita melakukan gerakan duduk. Dalam shalat terdapat dua jenis duduk: iftirosy (tahiyat awal) dan tawaru’ (tahiyat akhir). Hal terpenting adalah turut berkontraksinya otot- otot daerah perineum. Bagi wanita, di daerah ini terdapat tiga liang yaitu liang persenggamaan, dubur untuk melepas kotoran, dan saluran kemih. Saat tawarru’, tumit kaki kiri harus menekan daerah perineum. Punggung kaki harus diletakkan di atas telapak kaki kiri dan tumit kaki kanan harus menekan pangkal paha kanan. Pada posisi ini tumit kaki kiri akan memijit dan menekan daerah perineum. Tekanan lembut inilah yang memperbaiki organ reproduksi di daerah perineum.

Pada dasarnya, seluruh gerakan shalat bertujuan meremajakan tubuh. Jika tubuh lentur, kerusakan sel dan kulit sedikit terjadi. Apalagi jika dilakukan secara rutin, maka sel-sel yang rusak dapat segera tergantikan. Regenerasi pun berlangsung dengan lancar. Alhasil, tubuh senantiasa bugar.

Sumber:wordpress

Bagikan ke Facebook Bagikan ke Twitter

Komentar

51 tanggapan untuk "Manfaat Gerakan Sholat Untuk Kesehatan Tubuh"

Tulisan Tangan pada 02:41 PM, 01-Dec-11

maksh artikelnya sob, berguna bgt.

Sangkuriang pada 02:44 PM, 01-Dec-11

betul sob emg bnyk manfaatnya solat itu 8)

Dippetrocum pada 02:57 PM, 01-Dec-11

makasih,kang...dah brbagi ilmu yg sangat brmanfaat ini..

BLOGFAIZAL pada 03:53 PM, 01-Dec-11

Bgus gan.sangat bermanfaat.Ditunggu kunbalx lagi ye. Numpang buka lapak ye

[• ? •] DANBO Boneka Kardus YangLucu dan Unik dari Jepang
http://blogfaizal.mwb.im/danbo-boneka-kardus-yang-lucu-dan-unik.xhtml
Kumpulan Trik Internet Gratis Update 26 - 30 November 2011
http://blogfaizal.mwb.im/kumpulan-trik-internet-gratis-update-28.xhtml

Qinglabil pada 04:27 PM, 01-Dec-11

benar sob sangat menyehat kan sekali?

Rnb_serdadufals pada 04:45 PM, 01-Dec-11

Ini yang ane cari,,makasih kang udah dishare, ,,

Zainal arek jombang pada 05:08 PM, 01-Dec-11

manteppp sob . .thanks ya . . .jangan lupa kunjungi komunitas blogku ya http://wafa.indo.su/

Zainal arek jombang pada 05:10 PM, 01-Dec-11

manteppp sob . .thanks ya . . .jangan lupa kunjungi komunitas blogku ya http://wafa.indo.su/

Кυгηιαωαη đ'κεгαвατ_сιlικ™ pada 05:15 PM, 01-Dec-11

thanks infox
di tunggu kunbalx

Asep Japoni pada 06:33 PM, 01-Dec-11

bagus sob lanjutkan

Asep Japoni pada 06:39 PM, 01-Dec-11

sob visitor counter kita hampir sama 5400 san yayaya

demakx ngeblog pada 06:54 PM, 01-Dec-11

sip sob

Fathulfahreza pada 09:01 PM, 01-Dec-11

mantap gand,,,,,,infonya


di tunggu kunbalnya

Aplikasi Symbian pada 09:09 PM, 01-Dec-11

s7 sob apalagi slat subuh, baru bngun qt wudu trz slat bisa tambah semangat jga mendekatkan ma sang pencipta, sekalian OR

Ari_arif pada 10:29 PM, 01-Dec-11

mantap..!!!
Nice info gan..!!!

Hisyam pada 11:43 PM, 01-Dec-11

Kenikmatan
sholat ,bukan hanya
hati yang tenang,piiran
yag jernih,anggota
badan juga sehat.

Eko Prasetyan pada 12:33 AM, 02-Dec-11

Waach maaf mas, baru bisa berkunjung

Iman Hijrah dan Jihad pada 05:25 AM, 02-Dec-11

Assalamu'alaikum Sobat Hanafi
Satu kata Postnya Top Markotop deh..
Sudah ane share di FB, mudah-mudahan Allaah Ridho Mas Hanafi

Hanafi pada 06:44 AM, 02-Dec-11

@Iman Hijrah dan Jihad,
wa'alaikum salam sobat...
thx, Amiin..

@semua,
thx sobat" atas kunjungan kalian lol

Han pada 06:59 AM, 02-Dec-11

Absen pagi sob, sambil nge teh, thx infonya.

Mona pada 09:04 AM, 02-Dec-11

bru bisa brknjung.hehe
Mksh infonyabiggrin

syiar muslimah pada 12:26 PM, 02-Dec-11

assalamu'alaikum .
sharenya bermanfaat sekali saudaraku . kunjungi balik yaaaaa smile

syiar muslimah pada 12:26 PM, 02-Dec-11

assalamu'alaikum .
sharenya bermanfaat sekali saudaraku . kunjungi balik yaaaaa smile

syiar muslimah pada 12:26 PM, 02-Dec-11

assalamu'alaikum .
sharenya bermanfaat sekali saudaraku . kunjungi balik yaaaaa smile

syiar muslimah pada 12:27 PM, 02-Dec-11

assalamu'alaikum .
sharenya bermanfaat sekali saudaraku . kunjungi balik yaaaaa smile

syiar muslimah pada 12:27 PM, 02-Dec-11

assalamu'alaikum .
sharenya bermanfaat sekali saudaraku . kunjungi balik yaaaaa smile

demakx ngeblog pada 02:04 PM, 02-Dec-11

kunjungan sore sob

Hanafi pada 03:46 PM, 02-Dec-11

@syiar muslimah,
wa'alaikum salam..
Ya, insyaAlloh ukhti..

@semua,
tanpa terkecuali ane ucapkan terima kasih atas kunjungannya lol

Aa-Habbibullah | BELAJAR MUNADZOROH pada 04:20 PM, 02-Dec-11

Kunjungan pertama saya agan...
Salam persaudaraan antar Mwber ya biggrin...
Kalau tdk keberatan saya follow ya gan.. mrgreen


http://selalubelajar.mywapblog.com/
Mwber Kp.Curug Ds.Cukangjayaguna
Kab.Tasikmalaya....

Hanafi pada 04:32 PM, 02-Dec-11

@Aa-Habbibullah | BELAJAR MUNADZOROH,
silakan sobat mrgreen

Eza3E_s60v2 pada 05:44 PM, 02-Dec-11

mantab sob, jd smakin smangat tuk shalat...

with_me41 pada 08:29 PM, 10-Dec-11

nyimak sob, keren patut buat pelajarn nih mrgreen

h3n1 pada 08:10 PM, 04-Jan-12

keren...
ijin share pak brow..

Nian Dini Arti pada 01:35 PM, 29-Jan-12

GO ISLAM GO ISLAM GO....... biggrin

BeLLa Vietha pada 06:04 PM, 01-Feb-12

Assalamu'alaikum wrwb..Setiap hari ana berburu Artikel Islami dan Blog ini Artikel2 nya sangat bermanfaat.. nice info akhy smile Syukron jaza.. Izin share dan izin follow, mhn follow back..

Marwansyah pada 06:29 PM, 23-Mar-12

Aslkum w. . w. . Syukron katsir akhi. . .jazakallohu khoiru jaza'.

Chanti Puspita pada 07:03 PM, 30-Mar-12

wow ,, trnyata bnyak ea mnfaat shalat .. Bgus bnget nie ..

zainimjk pada 08:51 PM, 31-Mar-12

Moga manfaat bgi ane

fahmi afrizal inka 573 pada 10:33 AM, 07-Apr-12

makasih gan atas infonya,gw jadi sering sholat deh...

yhaa yhavizQa A_bebh_S pada 03:27 PM, 10-Apr-12

thank"s informasinya...
rsa pnasaranku udah trjawab..
mksih yeah....smile

erlina aldeyani pada 08:48 AM, 23-Apr-12

mks yea kax da berbagi info

AqOe_with yOu..4ever.. pada 05:55 PM, 29-Apr-12

....
thAk'ss f0r y0ur inf0,,
sungguh masyaALLAH dahsyatnya SHOLAT,,bnyak barokah daN juga membUat kenyamanan dalam hatie dAn jiWa..


husni pada 02:30 PM, 10-Jun-12

boleh di posting kembali artikel ini...sumbernya bakal di tulis smile

hery pada 09:11 AM, 01-Aug-12

ALLAH itu maha tau...mana yang terbaik untuk hamba-Nya, begitupun ALLAH menciptakan gerakan dalam sholat yang pasti sangat berguna bagi hamba-Nya
ALLAHU AKBAR......

arga pada 08:56 AM, 03-Aug-12

sholat= senam karena menyehatkan subhanallah

boy rofi pada 10:32 AM, 19-Aug-12

trm ksih informasix smg memacu q agar trus husu' dlm shalat

aulia fahmi tea pada 09:36 PM, 12-Sep-12

subhanallah ya

Muhammad Amir Huda pada 06:06 AM, 14-Oct-12

Insyaallah jadi lebih semangat untuk mnjalankan ibadah sholat.

dian pada 12:15 AM, 14-Dec-12

makasih tad, mudah"n artikelnya bermanfaat bagi cmw yg baca, doain juga tad mudah"n artikel anda memang bisa membantu saya menyelesaikan Tesis saya. Jaza Kumullah Khoiron Katsiron.

Yudhi Satrio Wibowo pada 11:51 AM, 25-Dec-12

.Thanks gan. artikelny

RICHALDY pada 09:04 AM, 31-Jul-13

terimah kasih banyak atas artikelnya, semoga sukses dan sehat selalu

Langgani komentar: [RSS] [Atom]

Komentar Baru

[Masuk]
Nama:

Email:

Komentar:
(Beberapa Tag BBCode diperbolehkan)

Kode Keamanan:
Aktifkan Gambar